Rabu, 03 Juni 2015

Bus Lintas Jakarta-Padang

Bus atau bis..
Sebuah kendaraan besar yang dapat mengangkut banyak penumpang.
Bus sangat membantu bagi kita yang akan bepergian ke tempat tempat yang lumayan jauh.
Saya akan sedikit berbagi pengalaman saya dengan kendaraan yang bernama bus ini.
Perkenalkan..,saya Arief Muhammad Rizki,saya biasa di panggil Kiki,agak nggak nyambung ya,tapi sebetulnya waktu saya kecil dan belum bisa menyebutkan nama saya dengan lancar,ya..,yang ter ucapkan hanya nama belakang saja dan jadilah kiki.
Saya terlahir dari orang tua yang berbeda suku,Papa orang Komering dan Mama orang Padang,kami tinggal di Propinsi Lampung,tepat nya di daerah Kalianda,ibu kota dari Kabupaten Lampung Selatan.
Dulu waktu kecil,saya memang paling senang kalau di ajak oleh orang tua untuk bepergian dengan menggunakan bus,apalagi ketika akan mengunjungi sanak saudara yang ada di Padang Sumatera Barat sana..
Memang perjalanan yang di tempuh sangat jauh,butuh satu hari satu malam,bahkan lebih,bila perjalanan yang kami tempuh kurang mulus,seperti pecah ban,bus nya mogok,atau ada tanah yang longsor,karena kondisi jalanan di daerah Sumatera memang kurang baik,tidak seperti jalan-jalan di daerah pulau Jawa yang pada umum nya kondisi jalan disana lebih baik.
Kenangan kenangan masa kecil itulah yang membuat saya sangat tertarik dengan kendaraan yang bernama bus ini.
Bus-bus lintas Jakarta - Padang dulu lumayan banyak jumlah nya,beberapa nama PO.Bus yang saya ingat adalah,NPM,ANS,APD,TRANSPORT EXPRESS,LUBUK BASUNG JAYA,GUMARANG JAYA,BINTANG KEDJORA,AYAH,KMS(Kami Saiyo),JASTRA,USAHA MUDA,DAGANG PESISIR,MANILA INDAH,FAMILY RAYA,BINTANG PERMATA BUNDA,LORENA,KRAMAT DJATI.
Perusahaan perusahaan oto bus tersebut ada yang masih bertahan hingga sekarang,ada pula yang sudah tidak beroperasi.
Inilah gambar armada bus jurusan Jakarta-Padang.

(Foto dari:berbagai sumber)

PO.NPM (Naikilah Perusahaan Minang)

PO.ANS

PO.BINTANG KEDJORA

PO.TRANSPORT EXPRESS

PO.GUMARANG JAYA

PO.FAMILY RAYA

Perjalanan dengan bus menuju ke Padang bagi saya cukup menyenangkan,di sepanjang perjalanan kita dapat melihat pemandangan yg indah,melewati daerah perkampungan yang masih mempertahankan rumah rumah adat nya,melewati sungai sungai besar,panorama pegunungan yang indah serta jalan yang berkelok kelok, serta makanan khas daerah yang kita lalui.ada perasaan berbeda ketika sudah memasuki daerah sumatera barat karena pemandangan alam nya yang indah dengan kondisi hutan yang masih terjaga,tak jarang kita dapat melihat binatang binatang yang sudah sulit kita jumpai seperti monyet monyet yang masih bergelantungan di dahan dahan pohon di sisi jalan yang kita lewati,kita juga dapat melihat rumah adat minang di kampung kampung yang kita lalui.sampai di daerah antara solok dan kab.Tanah datar,kita akan di sunguhi pemandangan yang sangat indah,ialah danau Singkarak yang membentang luas dengan panorama alam nya yang sungguh memanjakan mata.bila bus berhenti di pinggiran danau,atau beristirahat dirumah makan di pinggiran danau,kita dapat sekedar bermain air danau yang sejuk,bila kita merendam kaki di pinggiran danau maka ikan ikan kecil akan mendekat ke kaki kita,seakan meminta di beri makanan..
Bagi saya pengemudi bus-bus lintas khusus nya Padang-Jakarta mempunyai skill mengemudi yang dapat di andalkan,bagaimana tidak,supir-supir bus ini di tuntut untuk mahir memainkan kemudi pada jalanan yang berliku,dengan tanjakan dan turunan tajam,serta kondisi jalan yang terbilang sempit dan medan yang cukup sulit,dapat mereka atasi.
Untuk urusan pelayanan tidak bisa di pungkiri,itu menjadi hal yang sangat di pertimbangkan oleh para calon penumpang,ada beberapa bus yang pelayanan nya kurang baik,tapi mungkin itu hanya oknum pengemudi yg tidak memperhatikan kenyamanan penumpang ya..,seperti menurunkan penumpang tidak pada tujuan yang di sepakati,bus berhenti terlalu lama di rumah makan(Berhenti lebih dari 1jam) atau tidak ada penggantian bus ketika mengalami kerusakan di jalan.
Saya menyarankan bagi anda yang akan bepergian dengan menggunakan bus,pilihlah armada bus yang menggunakan karoserie/body baru,karena hal itu akan menambah kenyamanan perjalanan anda.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar